08 Februari 2009

Blog EntryFacebook .... Manfaatnya apa sih?Nov 11, '08 11:26 AM
for everyone
Hari Kamis dan Jum'at minggu lalu, karena demam dan badan sakit-sakit sampe nggak bisa bangun, saya terpaksa bolos kantor, dengan pesan kalau ada yang urgent, saya bisa diminta kerja via internet. Yang penting di sms/telpon dulu sebelumnya.

Karena aktifitas selama bolos kantor alias a very long week-end holiday itu hanya tidur dan pijat saja, maka saya punya banyak waktu luang untuk browsing. Dari buka-buka email yang lama di outlook, ternyata ada banyak undangan untuk bergabung di Facebook-FB yang saya diamkan.

Seperti biasa, saya selalu "ketinggalan". Bukan apa-apa ... setelah pernah nyangkut di FS lalu Yahoo360 yang keduanya sudah di delete, saya merasa males untuk banyak ikut ini-itu di dunia maya. Merasa nggak enak aja kalo kehilangan privasi terlalu banyak. Tapi karena penasaran dengan kemenangan Obama yang konon salah satunya karena dukungan social networking via FB, saya jadi penasaran juga untuk akhirnya menerima undangan yang pernah masuk.

Usai sign up dan sign in, saya mulai browsing ... ingin tahu bagaimana profil jaringan sosial a la FB ini. Wah... ternyata heboh banget... (hihihi.... norak deh gue...!!!)

Ternyata, Social Networking a la FB itu, menurut saya bisa di kategorikan 4;
  1. jaringan untuk mengumpulkan anggota keluarga yang tercerai berai untuk membentuk Family tree. Yah... bagus-bagus ajalah.... Kenapa enggak? Kan dalam Islam juga kita dianjurkan untuk membentuk dan menautkan tali silaturahmi terutama dengan keluarga.
  2. Untuk membangun jaringan pertemanan (reuni) dengan teman-teman lama yang berasal dari satu daerah, satu sekolah atau satu organisasi.
  3. Untuk membangun jaringan baru dengan orang-orang yang memiliki kepentingan, hobby yang sama.
  4. Nah... ternyata ada juga yang ternyata jaringannya berisi selebrities. Apakah itu berasal dari kalangan dunia hiburan, model, artis bahkan kalangan penggiat LSM, politikus dll.... Entah apakah mereka betul-betul saling kenal atau ......
Jujur saja, saya belum tahu apakah FB ini akan terus berlanjut atau nasibnya akan berakhir seperti FS ... di delete setelah beberapa waktu. Sementara ini saya cuma ingin ketemu teman-teman lama dengan niat menautkan kembali tali silaturahmi yang selama ini sempat terputus.

Adakah yang bisa menjelaskan manfaat lain dari keikutsertaan dalam FB?
Prev: Ulang tahun... Bahagia atau sedih?
Next: Facebook - Mungkin ini salah satu kelebihannya ....

Tidak ada komentar: